Senin, 16 Juni 2008

Sekali Pukul, Musuh Langsung Tumbang


Almarhum kakak saya adalah juara tinju Parahiyangan Timur (wilayah Jawa Barat bagian selatan). Dia berulangkali mempertahankan gelar dan kemudian menjadi petinju kebanggaan daerahnya. Suatu ketika, saya mengintip bagaimana kakak saya itu dilatih oleh ayahnya -uwak saya yang menjadi camat di wilayah Ciamis.
Selain saya sebagai pemula, ada sekitar 8 bibit petinju daerah yang saat itu mondok di rumah uwak saya. Setiap hari mereka melakukan porsi latihan yang -di hari pertama, membuat mata saya kunang-kunang lalu muntah-muntah. Pagi jam 6, kami sudah harus lari naik turun bukit sejauh 7 kilometer. Disusul latihan fisik lainnya yang baru selesai pukul 10 pagi. Siang hari kami istirahat. Dan sore hari, kami harus kembali jogging menempuh jarak 10 kilometer, sekaligus lari naik-turun tangga stadion. Selanjutnya latih tanding di kantor kecamatan (ups, untuk ke kantor kecamatan itu, kami juga harus jogging sejauh 2 kilometer!).
Tapi hal yang paling berkesan dari latihan tersebut adalah cara melumpuhkan musuh dengan teknik pukulan yang dikombinasikan dengan langkah kaki. Sebuah ilmu yang bisa dipelajari siapa saja, telah terbukti ampuh baik di ring maupun di jalanan. Yang Anda butuhkan hanyalah kecerdasan dan juga momentum. Perhitungan yang baik akan membawa Anda sebagai pemenang hanya dengan satu pukulan saja!
Ini kiatnya:
  • Long hook. Lakukan pukulan melengkung ke arah wajah atau dagu musuh. Katakanlah Anda memasang kuda-kuda dengan kaki kiri di depan, maka pukulan melengkung itu dilakukan oleh tangan kanan Anda (yang berada di sisi belakang). Dan di saat bersamaan, langkahkan kaki kanan Anda ke depan. Agar bobot pukulan Anda makin berat, ayunkan sedikit pinggul Anda ke arah dalam. Meski efeknya dahsyat, long hook biasanya mudah dihindari, terutama jika pergerakan Anda lambat.
    Trik: Lakukan ketika musuh Anda baru saja melakukan pergerakan (apapun), atau ketika terkejut akibat pukulan pancingan Anda. Agar long hook Anda tidak sia-sia (karena butuh energi besar untuk melakukannya), sering-seringlah berlatih dengan menciptakan musuh bayangan. Lakukan secepat yang Anda bisa. Petinju yang handal melakukan pukulan ini adalah Mike Tyson. Muhammad Ali juga kerap melakukan long hook, namun tidak diimbangi dengan pergerakan kaki.
  • Straight. Ini adalah jenis pukulan lurus dengan tangan terkuat. Yang diincar adalah bagian dagu musuh atau ulu hati. Petinju yang jago melakukan straight adalah Chris John.
    Trik: Ketika musuh Anda menyerang dengan pukulan tunggal, lakukan gerakan mundur satu langkah secara tiba-tiba, lalu maju selangkah secara tiba-tiba pula (melangkahkan kaki kiri-kanan secara bersamaan). Biasanya musuh Anda tak akan sanggup mengelak dan pukulan Anda akan masuk telak. Terbukti!
  • Hook. Pukulan melengkung dan menyambar. Umumnya digunakan untuk memukul kepala musuh, tapi kami beri tahu teknik terbaiknya...
    Trik: Ketika musuh Anda maju dengan pukulan tunggal, merapatlah dan lakukan clinch (pelukan). Laku lepaskan pelukan Anda secara tiba-tiba dan mundur satu langkah ke belakang. Merunduklah sambil tetap melindungi wajah Anda, lalu ayunkan hook Anda sekuatnya ke arah pinggang kanan-kiri. Atau bagian perut bawah. Umumnya, jika perut musuh Anda tidak terlalu kuat... dia akan langsung terkapar!
Apa yang kami sampaikan di atas bukan sekedar penjelasan pukulan, tapi gabungan antara kaki dan tangan. Dan terbukti handal melumpuhkan musuh. Hasil latihan uwak saya dengan anak-buahnya berhasil mengumpulkan 3 medali emas (dari 8 petinju yang turun di kejuaraan Parahiyangan Timur).

Tidak ada komentar:

GOOGLE SERVICE

VIDEO