Senin, 16 Juni 2008

Melatih Kecepatan Reaksi


Jika Anda berkunjung ke fakultas olahraga, barangkali Anda akan menemukan alat yang bernama quick trainer. Ini adalah salah satu alat yang mengukur basis fitness Anda --untuk mengukur seberapa cepat reaksi Anda. Bagaimanapun, kecepatan reaksi mutlak dibutuhkan dalam beragam olahraga, termasuk catur. Masalahnya, Anda tak akan pernah bisa menemukan quick trainer ini di gym (yang terbaik sekalipun).
Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk melatih refleks Anda?

Cara pertama: Pergilah ke mall, lalu masuklah ke arena permainan anak. Berpartisipasilah di step dance, sebuah alat di mana para remaja menari sembari memelototi layar monitor yang memberikan petunjuk arah panah, dimana kaki mereka harus menjejak. Alat quick trainer, sangat mirip dengan step dance tersebut. Hanya saja, petunjuk di quick trainer adalah warna.

Cara kedua: Buat 2 persegi panjang yang berpotongan sehingga membentuk 5 kotak di lantai. Kotak tengah menjadi sumbu Anda. Lompatlah ke kotak di hadapan Anda dan kembali ke kotak tengah, artinya Anda telah 2 kali melompat. Lakukan hal yang sama pada kotak-kotak lain (searah jarum jam). Satu putaran berarti Anda mengumpulkan 8 kali lompatan. Jika Anda mampu melakukan lompatan di atas 20 kali dalam tempo 15 detik, berarti refleks Anda sangat baik.
Jika tidak? Berlatihlah terus, bung. Agar mata dan kaki Anda bisa secepat Bruce Lee.

Tidak ada komentar:

GOOGLE SERVICE

VIDEO