Senin, 16 Juni 2008

Lab Jepang Dibuka, Discovery Mendarat Aman


Pesawat Discovery (Foto:AFP)
CAPE CANAVERAL - Pesawat luar angkasa Amerika Serikat telah mendarat dengan aman setelah berhasil menjalankan misi 14 hari mengantarkan sekaligus membuka laboratorium milik Jepang di stasiun luar angkasa internasional.

Di bawah terik matahari, pesawat yang berawak tujuh astronot tersebut mendarat pada 11:15 am waktu setempat, atau pukul 15:15 waktu GMT, di landasan Kennedy Space Center di Cape Canaveral setelah melewati semenanjung Yucatan, Mexico, wilayah yang dilalui saat Discovery masuk menembus lapisan atmosfer bumi.

"Pendaratan yang cantik, Mark. Selamat atas misi yang hebat," tutur komandan staf resmi Mark Kelly dari ruang kontrol kepada awak Discovery, yang dikutip AFP, Minggu (15/6/2008).

"Misi yang sangat baik untuk kita semua sebagai tim besar yang telah membangun stasiun menjadi lebih besar, menjadi lebih baik," lanjut Kelly.

Setelah menjelajahi 217 orbit dan sekira 9,2 juta kilometer perjalanan mengelilingi bumi, Discovery melakukan pendaratan ke bumi dengan kecepatan lebih dari 20 kecepatan cahaya sebelum diperlambat saat proses pendaratan.

Tidak ada komentar:

GOOGLE SERVICE

VIDEO