Jumat, 23 Mei 2008

Pelanggan StarOne Pecahkan Rekor SMS Nonstop 8 Jam


BANDUNG - Ternyata pengguna ponsel di Indonesia memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan singkat (SMS) sebanyak 150 sms per jam secara berturut-turut. Bahkan dalam waktu 8 jam mereka mampu mengetik dan mengirim secara berturut-turut dengan total 1200 SMS.

Data ini didapat setelah Indosat menggelar acara pemecahan rekor Ketahanan SMS 8 Jam Nonstop dengan menggunakan kartu CDMA Indosat StarOne. Acara yang dilangsungkan di Bandung ini diikuti oleh sekira 600 peserta dari berbagai umur, dimulai sejak pukul 08.40 hingga 16.40.

"Kami mengundang sekira 1000 orang peserta namun hanya 600 orang yang berani mengikuti tantangan ini dan mayoritas dari mereka adalah anak-anak muda, meskipun ada juga anak SD dan orang tua," ujar Koordinator StarOne Bandung Tommy Rusdiana, saat ditemui di sela acara Pemecahan Rekor MURI Ketahanan SMS 8 Jam Nonstop di Karang Setra, Bandung (20/5/2008).

Menurut Tommy proses pengiriman secara nonstop ini juga tergantung pada ponsel yang digunakan. Bahkan Tommy melihat mayoritas peserta dalam acara ini menggunakan ponsel basic yang masuk dalam kategori low end.

"Jarang dari mereka yang menggunakan ponsel-ponsel canggih. Lagipula tidak banyak ponsel canggih untuk jaringan CDMA di Indonesia, kalaupun ada maka cenderung memiliki harga yang mahal," papar Tommy.

Proses pemecahan rekor ini harus dilalui peserta dengan menjawab sekira 1300 pertanyaan singkat melalui SMS yang dikirimkan ke nomor tertentu. Oleh karena itu kapasitas jaringan di Bandung pun telah disiapkan oleh Indosat.

Untungnya, jumlah BTS StarOne di Bandung yang mencapai 61 unit ini cukup mampu melayani trafik SMS pelanggan StarOne di Bandung yang hingga akhir tahun 2007 kemarin mencapai 20.000 pelanggan. Sehinga hal ini tidak akan menyulitkan pihak Indosat untuk memecahkan rekor SMS nonstop.

"Sebelum kami mengadakan acara ini, kami melakukan penelitian ketahanan SMS selama 8 jam terhadap 30 orang terlebih dahulu. Kala itu kami berkesimpulan rata-rata dari mereka hanya mampu mengirimkan 100 SMS per jam. Namun pada kenyataannya, para peserta kali ini memiliki ketahanan mengirimkan 150 SMS per jam. Hal ini membuat kami harus menyediakan tambahan 300 soal lagi untuk memenuhi kebutuhan SMS selama 2 jam ke depan.

Logikanya jika 600 peserta mampu mengirimkan SMS selama satu jam berturut-turut sebanyak total 150 SMS maka dalam waktu satu jam maka trafik yang masuk akan mencapai 90.000 SMS per jam. Namun sayangnya, tidak semua peserta memiliki ketahanan untuk menggerakkan jempol mereka hingga 8 jam terus menerus. Buktinya, hingga saat-saat terakhir, peserta yang tersisa menjadi sekira 45 orang saja. Dari angka tersebut, hanya sekira 15 orang yang mampu mengirimkan SMS sebanyak lebih dari 1200 SMS selama 8 jam.

"Dengan pelanggan sebesar itu, trafik SMS StarOne masih di bawah kapasitas karena pelanggannya masih sedikit. Kira-kira 25 persen dari total kapasitas SMS yang ada sehingga pengiriman SMS akan berjalan lancar," imbuhnya. (srn)

Tidak ada komentar:

GOOGLE SERVICE

VIDEO