Rabu, 12 Maret 2008

Facebook Connect Mungkinkan User Profile Diakses via Web Site Lain


CALIFORNIA - Seminggu setelah rivalnya MySpace meluncurkan fitur yang memungkinkan profile dan data personal user dapat diakses melalui Web, Facebook menyatakan akan meluncurkan fitur yang sama dalam beberapa minggu ke depan. Hal tersebut dilakukan Facebook untuk menyusul popularitas MySpace yang hingga kini dilaporkan telah menguasai 74 persen trafik situs jejaring sosial global.

Fitur baru tersebut dinamakan Facebook Connect, yang mana saat ini pengembang Facebook tengah membuat aplikasi yang mampu menghubungkan Facebook dari Web site lain. Nantinya pengguna Facebook akan diberi kuasa kontrol atas data personal asli mereka untuk dishare di web site lain.

"Fitur ini memungkinkan identitas user dan teman-temannya dapat diakses melalui Web, sementara informasi yang ada didalamnya, Facebook menjamin kepada usernya, bahwa informasi dan data personal mereka akan selalu dilindungi dengan kebijakan privacy," kata pihak Facebook yang disitat TechWeb, Minggu (11/5/2008).

Pengguna Facebook akan diberi pilihan dalam mengatur privacy setting profilnya, apabila user hanya sebatas ingin diketahui oleh teman-teman dekatnya saja, dia tidak perlu mengatur privacy setting yang membuka akses sebesar-besarnya via Web site lain. Data-data personal yang umumnya akan bisa diakses melalui Web site lain, antara lain profil, gambar profil, nama, daftar teman, dan foto.

Rivalnya, MySpace, situs raksasa jejaring sosial milik News Corp, hingga kini telah merangkul Yahoo, eBay, Photobucket, dan Twitter. Keempat mitranya tersebut telah sepakat untuk menjadi mitra-mitra yang pertama dalam mendukung layanan serupa kepada pengguna MySpace. Sedangkan Facebook baru saja sepakat kerja sama dengan portal berita Digg sebagai mitranya.

Berdasakan data firma Web intelligence, Hitwise, Facebook baru menguasai 15 persen trafik situs jejaring sosial global, masih sangat jauh di bawah MySpace yang sampai kini masih menjadi pemimpin situs jejaring sosial dengan menguasai 74 persen trafik.� (mbs)

Tidak ada komentar:

GOOGLE SERVICE

VIDEO