Rabu, 12 Maret 2008

Astronom Temukan 10 Planet Baru

WASHINGTON - Para astronom berhasil menemukan 10 buah planet baru di luar sistem tata surya. Penemuan planet ini menambah jajaran planet baru di tata surya menjadi 270 buah.

Robot kamera bernama SuperWASP, Super Wide Area Search for Planets, ini dapat menangkap gambar planet yang lewat atau pun berputar sejenak di depan mereka. Cahaya dari planet tersebut terlihat cukup jelas ketika planet-planet tersebut tertangkap kamera. Dan para astronom dapat mengekstrapolasi ukuran dan lokasi dari planet tersebut.

Planet-planet tersebut memiliki ukuran yang cukup beragam. Ada yang berukuran setengah kali besar planet Jupiter hingga 8 kali ukuran Jupiter. Padahal Jupiter merupakan planet terbesar yang ada dalam sistem tata surya kita. Di antara planet tersebut ada salah satu yang sempat berdekatan dengan matahari. Saking dekatnya posisi planet tersebut dengan matahari sehingga panas yang berasal darinya mencapai 2300 derajat celsius.

Dilansir melalui Reuters, Kamis (3/4/2008), salah satu planet yang paling kecil di antara planet lainnya ditemukan dekat bintang HL Tau dengan menggunakan radio astronomi. Bintang ini hanya berjarak 100.000 tahun cahaya. Sangat kecil ketimbang matahari yang telah berusia 4.6 miliar tahun cahaya.

Tim ini terdiri dari berbagai astronom dari negara yang berbeda seperti Spanyol, Afrika Selatan, Arizona, Hawaii, Chili, Perancis, dan Australia.

Tidak ada komentar:

GOOGLE SERVICE

VIDEO